~ welcome to muti's area ~ aku ada, makanya aku ngeblog ~

Selasa, 28 Oktober 2014

/


sebelumnya, gue minta maaf untuk kawan-kawan G.304, maaf gue berhenti ditengah jalan...

G.304, salah satu ruangan yang terdapat di lantai 3, gedung G, kampus A UNJ. hiasan plat diatas pintu yang terlihat sudah lama tergantung, tertulis "UNIT PENERBITAN KAMPUS IKIP JAKARTA - DIDAKTIKA".

bersama didak gue mendapatkan ilmu baru, yaps, kejurnalistikan. sayang, gue hanya 1 semester berada disana. gue mendapatkan halangan dari orangtua gue, gue kurang mendapatkan restu dari mereka, dan gue juga ga mau menyalahkan orangtua gue.. pada akhirnya, maaf, gue lebih mendengarkan orangtua gue... gue masih suka mellow kalo inget hal ini...

oke stooop! berhenti mellownya!

dari mereka, gue dapet ilmu + kawan baru dan ++ lainnya!
mulai dari KUPIKAT (kuliah pengantar jurnalistik singkat), Orientasi Dasar Didaktika sampaaaai LDPM (Latihan Dasar Pers Mahasiswa). gue ngerasa amazing banget sebenernya bisa gabung kesini, bisa kenalan sama kawan baru, ga cuma kawan sesama mahasiswa UNJ, tapi juga dari berbagai LPM lainnya, trus juga kenal sama para alumni yang dimulai dari produser, layouter, editor, wartawan, dll. ruang lingkupnya gacuma sekedar media cetak, tapi juga media elektronik dan online...



dunia jurnalistik itu ga gampang untuk menjadi jurnalis yang bener-bener profesional! ke idependenan kita harus dijunjung tinggi, sayangnya sekarang media massa itu milik pemimpin/pengusaha yang mengedepankan kekomersilan, yang senangnya dengan bumbu-bumbu isu...

terlepas dari itu, gue pengen sedikit cerita dimasa ODD dan LDPM.
waktu ODD (Orientasi Dasar Didaktika) itu nginep di sekret 1hari 2malam, dari jumat sore acara udah dimulai hingga minggu malam. awalnya acara berakhir di minggu pagi, tapi jadwal bergeser, di minggu pagi udah terjun ke lapangan, yaps.. waktu ODD, saat itu bertepatan dengan kebakaran diwilayah sekitar matraman, akhirnya kita berkunjung, liputan pasca-kebakaran + menjenguk korban.

oiya, untuk menjadi seorang wartawan (apalagi wartawan pemburu berita lapangan) itu cukup sulit, bahkan menomor duakan rasa kemanusiaan.. kok gitu? kayak kata salah satu alumni pas ODD,
"kalau kalian kebakaran hebat, dan damkar belum kunjung datang, lalu ada seseorang yang terjebak. kalian harus apa?"
"ya jawaban yang tepat meliputnya"
iya soalnya, kalo kita menjurus kekemanusiaannya, kita ga akan dapat apa-apa, kita ga bisa dapat berita yang sesuai ekspetasi kita.
karena itu memang sudah tugasnya pemburu berita, kita mencari berita...


selanjutnya, pas acara LDPM, yang asik dari acara ini adalah kunjungan redaksi.. yaps! kunjungan redaksi!
kunjungan redaksi ini bagian dari proses LDPM. fyi, LDPM ini ga cuma untuk mahasiswa UNJ aja, tapi juga LPM dr univ. lainnya, bahkan ada loh yang dari Banten yang mengikuti LDPM ini. udah gitu rata-rata yang mengikuti LDPM ini nginepnya di sekret  *ketauan biasa tidur di sekret*
kunjungan redaksi LDPM ini ke salah satu stasiun televisi swasta.. yups, Kompas TV. pertama kali gue menginjakan kaki ke ruangan Kompas TV itu...
apalagi ke salah satu ruangan dilantai 3, rasanya itu ya...
adem..*yaiyalah ada ACnya*
bukan..

bukan itu..
ruangannya tuh unik, jadi kayaknya ada salah satu pegawai yang ultah, dan ruangannya dihias sedemikian rupa sehingga rame dengan atribut hiasan...lucu ya:3
akhirnya kita masuk ke ruangan yang seperti ruang rapat, disana kita dikasih ilmu baru tentang peliputan media elektronik, terutama tv. *skip*

trus kita naik ke lantai...5 atau 6 ya..
pokonya gitu..
kita dikasih kesempatan untuk bisa foto-foto di ruangan siaran biasa Kompas menayangkan jam tayang berita, itu loh yang acaranya kompas pagi, kompas siang, kompas petang sama kompas malam...trus juga kita foto-foto di ruangan yang biasa ditanyangin kompas update, acara berita selingan 1jam sekali itu looh xD
kebetulan ada presenter kompas update *lupa namanya*pokonya cewe*, akhirnya kita foto-foto sama beliau + melihat beliau lebih dekat membawakan acara kompas update.
btw...foto-fotonya ada dimana yak zzz... sepertinya ada dikomputer sekret...
maaf gabisa nunjukin foto-fotonya:(
lanjuuut...
sebenernya malemnya kita dapat undangan dari pihak kompas untuk menghadiri acara musiknya kompas, kalo mereka-mereka yang disekret sih memenuhi undangan.. kalo gue?pulang._. *pdhl ada maliq&d'essentials katanya T.T*

yauda sampai sini dulu ya muehehe~

---------------------------

"postingan ini bagian dari postingan KOMBUN bulan Oktober, tetap belajar menjadi blogger yang bermanfaat dan menginspirasi"
ciaaaoooooo


----------------------------
 foto pas peliputan pasca-kebakaran dan otw KompasTV nyusul aja yaa~ hoho
fotonya ga mau ke posting-_____-

0 komentar:

sering dikepoin

tentang si punya blog

Mutiara Kinanti, seseorang yang menyukai kuliner dan kamu. IG @mutiarak dan e-mail mutiarakinantip@gmail.com yaaa~