~ welcome to muti's area ~ aku ada, makanya aku ngeblog ~

Minggu, 31 Mei 2015

/

 



Oke, bisa dibilang gue seneng banget baca buku ini. Secara subjektif, buku ini punya daya tarik tersendiri yang bikin setelah-baca-buku-ke-tiga-pengen-balik-lagi-baca-buku-ke-satunya. Terlepas dari kontroversi bumbu-bumbu erotis nan sensual, gue suka banget sama romansa kehidupan milik Ana - Christian.

Sedikit nih ulasan dari si buku milik E.L. James~~~

Judul : Fifty Shades Trilogy
Buku ke-1 : Fifty Shades of Grey
Buku ke-2 : Fifty Shades Darker
Buku ke-3 : Fifty Shades Freed
Tahun : 2011- 2012
Penulis : E. L. James (Erika Mitchell)

Gue kepo sama si Fifty Shades gara-gara temen-temen sekelas ngomongin film Fifty Shades of Grey, sama gara-gara lagu yang liriknya "love me like you do, touch me like you do". Akhirnya gue kepo berat sama BUKUnya! Kenapa bukunya? Dari pengalaman yang udah-udah, kalo film yang asalnya dari buku kadang ga sesuai ekspetasi, apalagi jalan cerita si Fifty Shades erotis gitu, kalau divisualisasikan ya akan if-you-know-what-i-mean.


Dengan bermodalkan ke-kepo-an yang luar biasa akhirnya gue download pdf berbahasa Indonesia (((gratisan))) dari situs kita tercinta, google dot com. Awalnya gue cuma kepo sama buku Fifty Shades of Grey-nya, download cuma buku pertamanya aja dan berakhir dengan download buku ketiga-tiganya.... hahahaha!
Ceritanya diawali dari seseorang bernama Anastasia Steele (Ana) yang menggantikan Katherine Kavanagh (Kate) sahabatnya yang sedang sakit untuk mewawancarai seorang CEO dari Grey Enterprises Holding Inc., Christian Grey (Christian) untuk majalah kampus yang lokasi gedungnya ada di pusat kota Seattle.
Daaaan.. dari sinilah awal dari segala pertemuan yang ada. Mulai dari si Christian (secara segaja ternyata) datang ke tempat kerjanya si Ana di  toko perabotan daerah Portland, Christian mempersilakan dirinya menjalani sesi pemotretan untuk keperluan artikel majalah -for your info, si Christian rela ngejalanin sesi pemotretan demi ketemu Ana lagi, LOL-, ngajak "minum kopi di pagi ini" setelah sesi pemotretan. Jadi pas lagi jalan balik ke hotel tempat Christian nginep di Portland, ada pengendara sepeda yang lewat dengan kecepatan tinggi, si Ana hampir ditabrak trus si Christian narik Ana gitu jatuh dalam pelukannya ...kyaaaaak><... trus tiba-tiba si Christian ngomong "Anastasia, kau harus menghindariku. Aku bukan pria yang tepat bagimu." Poor Ana! Udah dibuat jatuh cinta pada pandangan pertama trus malah disuruh ngejauh, Ana pun bingung dibuatnya.
Dari awal si Ana emang udah nganggep si Christian Mr. Gila-kontrol, sulit dimengerti, rumit, membingungkan dan -Ana nyebutnya- penguntit (gara-gara suka ngelacak Ana lagi ada dimana dari pelacak ponsel). Btw, si Christian menyebutkan 'dokumen' untuk segala hal tertulis yang berkaitan dengan dominan-submisif.
Ana - Christian terbang ke Seattle menggunakan helikopter Charlie-Tanggo. Sampai ditempat tinggal Christian, Ana disuruh tanda tangan 'dokumen' itu tanpa dibaca terlebih dahulu. Si Christian sempat ngomel gara-gara Ana langsung tanda tangan aja tanpa dibaca terlebih dahulu. -well, gara-gara si 'dokumen' ini gue jadi terinspirasi buat kalo mau jadi pacar gue, cowoknya harus baca dokumen punya gue apa yang gue suka dan ga disukai secara tertulis wkwk LOL-

Duh, gue malah cerita isi bukunya sih...
Kalo mau tau jalan cerita keseluruhan mending baca bukunya aja deh :P
Serius, soalnya kalo diceritain semuanya bakal ngeabisin waktu 5 hari - 5 malem xD

Dibuku pertama, keliatan banget si Christian itu dominan abis -parah-, fifty shades banget, BDSM, Red Room Pain-nya Christian -yang diceritakan sangat jelas- dan lain-lain. Tapi gue lumayan empati, jadi secara Emosional, Christian dulu  waktu umur 15 tahun pernah mendapatkan perlakuan-seksual-yang-berpengaruh-secara-emosional, udah gitu waktu kecil (sebelum dimasukin ke yayasan gitu dan akhirnya diadopsi) Christian punya masa kecil yang kelam, kalo diceritain lumayan complicated hubungan Christian dengan orangtua, terutama ibu kandungnya (sebenarnya dia sayang banget sama ibunya). Kalo yang gue baca, Christian kayak ngeliat perlakuan kasar gitu dari seseorang ke ibunya (gue agak kurang paham sebenernya  yang mengkasari ibunya dan Christian itu siapa). Pas ditemukan gitu, Christian ini lagi ada disamping ibunya -yang dia ga tau- yang ternyata udah tewas. Ada luka didalam sisi gelapnya Christian. Ending dari buku pertama ini, Ana ninggalin Christian karena Christian udah dianggap melampaui 'batas aman'.

Buku kedua, setelah seminggu ditinggal Ana, Christian ngerasa hampa banget, dan akhirnya memutuskan kembali bersama Ana tanpa ada yang namanya perjanjian-perjanjian yang kayak dibuku kesatu -namun masih menggunakan batas aman-. Kalo diliat-liat sih Christian itu ternyata orangnya so sweet - romantis juga loh :3 dibuku kedua ini, udah kayak klimaks banget. Mrs. R, yang dulu ngasih perlakuan-seksual-yang-berpengaruh-secara-emosional ngehantuin hubungan si Ana - Christian. Paling tegang pas bagian Mrs. R lagi ada di apartemen Ana trus nodong pistol ke Ana! Trus juga dimana bagian Ana - Christian ngeumumin pertunangan mereka, disaat itu si Mrs. R berulah, gara-gara doi berulah juga pula ibu (ibu angkat tepatnya) Grey sampai tau ternyata Mrs. R biang ulah dari sisi kelamnya Christian. Di buku ini, lumayan menguak masa lampau milik Christian yang menyedihkan.

Buku ketiga, Ana - Christian nikah akhirnya yeaaay:3 pas mau ending-endingnya buku ini, bikin deg-degan banget, gue pun sebagai pembaca emosinya kayak dipermainkan. Ana hamil, dan Christian kecewa parah (karena belum siap jadi seorang Ayah), pokonya sampai ngomong seperlunya doang sama Ana. Sampai dipuncaknya, Christian mabuk, entah kenapa tiba-tiba dia ketemu lagi sama si Mrs. R dan disitu Christian mungkin curhat kali ye. Pas pulang, Christian masih mabuk, Ana jadi sedih ngeliatnya, disaat lagi ngerapiin barang bawaannya si Christian, Blackberry punya Christian jatuh dan ada sms masuk dari Mrs. R, Ana malah berubah jadi marah. Akhirnya, Ana tidur di Red Room Pain dengan kondisi HP di silent dan sedih-marah. Besok paginya Christian panik ga nemuin Ana dimana-mana, Christian takut kalau Ana ninggalin dia lagi. Eh, malah berantem hebat mereka. Ana lagi kondisi hamil - Christian mabuk dan ketemu sama Mr. R, lagi rumit banget deh mereka. Setelah itu, Christian pergi keluar negeri untuk keperluan perjalanan bisnis, Ana ga mau ikut dan akhirnya dikasih pengawal. Trus si Jack Hyde (baca dibuku kedua aja lah :P) ngeculik Mia, adeknya Christian, -dia ngambil kesempatan juga kali ya karena mumpung Christian lagi jauh ga ada disamping Ana-, Jack minta uang tebusan 5juta dollar. Ana panik karena gak punya uang sebanyak itu, tapi dia tau suaminya punya uang sebanyak itu (uang Christian = uang Ana). Akhirnya Ana melakukan taktik untuk bisa pergi tanpa ketauan pengawal. Ana pergi ke bank, dengan embel-embel Mrs. Grey, dia bisa ngeakses rekening punyanya si Christian. Tapi gara-gara di kartu identitasnya masih bernama Steele, Manajer bank malah menelepon Christian untuk memastikan kalo Ana emang Mrs. Grey. CHRISTIAN BODOH!-____- Christian malah nyangkainnya Ana mau pergi ninggalin Christian dengan uang sebesar 5 juta dollar, Christian malah nyuruh Ana ngambil semua uang yang ada di rekening, bahkan nyuruh si Manajer bank untuk memfasilitasi keperluan Ana ngambil uang di bank. Duh please deh Christian, Ana tuh mau nyelametin adek looooo!-___-

Oke kita skip...................... baca aja sendiri ya bukunya kalau penasaran :P
Endingnya? Kekhawatiran Christian menjadi seorang ayah sirna, Christian udah mulai siap menjadi seorang ayah. Bahkan Christian setia mendampingi Ana disaat melahirkan. Disaat-saat terakhir, buku ini, bahkan Ana hamil lagi disaat Teddy (Theodore Raymond Grey, baby boy Ana - Christian) berumur dua tahun:3

Yang menarik dari buku kedua dan ketiganya ada paragraf epilog yang ternyata cerita yang berasal dari sudut pandangnya si Christian dimasa lalu. Well, sebagai penutup (benar-benar penutup) dibuku ketiga, pembaca disuguhkan kembali awal pertemuan dari Ana - Christian yang diceritakan dari sudut pandang Christian. Dari awal keliatannya Christian jatuh cinta deh sama Ana:3 tapi si Christian nganggepnya dia butuh-submitif-baru...nyuruh Welch (karyawannya Christian) buat menyelidiki latar belakangnya si Ana. Duh gak ngerti lagi deh gue sama si Christian yang super complicated nan fifty shades ini :(((
Dengan ending yang yang kayak gini sukses banget bikin gue pengen baca dari awal lagi.

Well, yang gue dapet dari buku ini, anak-anak yang mendapatkan penyiksaan diwaktu kecil emang jadi rentan banget emosinya. Dengan beberapa penangan/hal yang tepat, cinta tak bersyarat, akhirnya bayang-bayang masa lalu yang suram itu akan mulai memudar (meski masih membekas).
Gue jadi warning ke diri gue sendiri, kalau pelecehan/kekerasan seksual ternyata bakal jadi parah efek traumanya secara emosi. -sedikit ketinggalan- bahkan di saat Christian lagi disamping Ana pun (yang selalu dianggap kurang-lebih penyelamat kehidupannya) masih suka mimpi buruk tentang ibu kandungnya.

Pesan gue, stop kekerasan pada anak baik secara fisik maupun emosional!

Posted by 

4 comments

Edit

4 komentar:

Capt. Darma mengatakan...

menarik... informasinya cukup spoiler yah... wkwkwkw :p

minta y ebooknya kirim FB boleh

мυтι mengatakan...

hahaha iyaaa udah gatel, bawaannya pengen cerita dari awal sampe akhir.. spoiler banget yak?-__-
iyaa nanti yak:p

Dicky Renaldy mengatakan...

agak ngejelimet asli.

Galih Setio Utomo mengatakan...

mana muti ndak nulis d blog lagi

sering dikepoin

tentang si punya blog

Mutiara Kinanti, seseorang yang menyukai kuliner dan kamu. IG @mutiarak dan e-mail mutiarakinantip@gmail.com yaaa~