~ welcome to muti's area ~ aku ada, makanya aku ngeblog ~

Jumat, 19 September 2014

/

Haaaai!
buat kamu semua!
Pernah ga sih merasa 'asing' kuliah di jurusan/program studi yang kamu belum tau seluk-beluknya kayak gimana?
Yess! You're not alone~

Aku mau bercerita ditahun pertamaku berkuliah diprodi yang begitu asing dunianya bagiku...

Aku, seorang mahasiswi baru disebuah Perguruan Tinggi di Jakarta, yaaps! Universitas Negeri Jakarta. Aku sekarang telah menjadi Program Studi Pendidikan Tata Boga, aku lulus mendapatkan PTN di UNJ hasil dari jerih payah 'bertarung' dengan soal SBMPTN...

Waktu itu aku senang,senang sekali... apalagi aku mendapatkan PTN! Aku bersorai gembira, supaya dunia tahu aku ini akan menjadi seorang mahasiswi,mahasiswi UNJ!

Eh tunggu dulu! Tata Boga!? apa?!!
Aku cuma seseorang yang mengerti perihal masak-memasak dan soal makan...
hei!hei! ini kan prodi pilihanku sendiri?!
Tapi aku tak pernah sedikitpun googling maupun mencari-cari info tentang Tata Boga!
Aku baru teringat kalau aku memang memilih dia hanya sebagai 'jurusan cadangan'ku nanti.. Ah! macam apa aku ini!-__-

Lama-lama jadi risau sendiri, pokonya labil gitu deh... kalau bahasa yang lagi ngetrend itu 'galau', yes! galaunya klimaks, galau tingkat internasional kayaknya...



Jujur, aku sama sekali gatau kuliah nanti akan belajar apa aja (kecuali yang aku ngerti soal masak, soalnya boga itu identik dengan kulineri, yang artinya = masak-memasak), apalagi aku semakin bingung dibuatnya ketika semester pertama diberi kontrak mata kuliah oleh prodi. Aku memang tak begitu tercengang dengan mata kuliah disemester awal, karena ketika aku SMA, aku berada di jurusan IPA, jadi untuk bertemu materi-materi yang berhubungan dengan sains merupakan hal yang lumrah bagiku. Tapi yang aku bingungkan adalah mengapa Tata Boga itu masuk kedalam rumpun Sosial???? *sampai detik ini aku pun kuliah masih didominasi sama materi sains loh* ya entahlah...pokonya begitu...-_-
Aku bahkan sempat ragu sendiri untuk menjawab jika ditanya 'prodi mana?' "ngg..tata boga", entahlah...*kayaknya parah banget yaa._.*

Kegalauanku belum berakhir! Jurusanku,Ilmu Kesejahteraan Keluarga, masuk kedalam Fakultas Teknik..YA! FAKULTAS TEKNIK! aku semakin galau...tak menentu....
pasalnya...ketika SMA aku ngebet banget masuk Tek.Sipil/Elektro,mungkin seantero orang-orang yang kenal aku, tau banget kalo aku pengen mengambil kedua jurusan tersebut... tapi pada akhirnya, aku cuma bisa mikir "ya gapapa lah, yang penting jadi anak Teknik Teknik juga :') "

Aku mulai berpikir dan mulai belajar untuk menerima... mungkin inilah jodoh yang telah Allah berikan untukku, Tata Boga...
Dengan niat, akhirnya ku ikhlaskan cita-cita yang lama... ku tumbuhkan cita-citaku yang baru...

Kalo kata anak gawlz jaman sekarang "Ya move on dong!". Akhirnya dengan niat tulus ikhlas, akhirnya aku move on dari Tek.Sipil/Elektro itu.. Setelah 4-5 bulan berjalan, move on ku cukup berhasil.. Dengan keadaan kelas yang memungkinkan untuk aku 'merasa betah', ditambah juga aku memiliki kawan-kawan baru di Gedung G. Perlahan-lahan, aku mulai menatap kedepan, aku mulai membangun,menata apa yang akan aku lakukan bersama Tata Boga.
Meskipun saat bulan-bulan pertama disemester satu aku masih-merasa-nyasar, tapi aku ga main-main loh untuk hal mengikuti kelas, materi, ujian, dan blablabla lainnya yang berhubungan dengan perkuliahan. Bahkan aku sempet curcol sama salah satu dosen, "Bu, caranya menjadi dosen itu bagaimana sih?" huaaaah seketika kalimat itu mengalir begitu saja:') *apakah ini salah satu tanda bahwa keseriusanku meningkat?!*

Tanpa terasa aku mendapatkan sesuatu yang baru, ya, yang awalnya asing, kini aku mulai terbiasa... meskipun pemikiran ku tentang "ya gapapa lah, yang penting jadi anak Teknik Teknik juga" masih terngiang-ngiang:p

Tiba lah dipenghujung semester! Ya, namanya juga semester pertama, biarpun masih ngerasa anak-nyasar , duh tetep aja kepo sama IP perdana! yaaaps... konon kabarnya IP ditahun-tahun awal itu merupakan pertolongan paling manjur bagi si IPK kalo ditahun berikutnya mulai-mulai tercium adanya tanda-tanda IP terjun payung *semoga IPku ga pernah terjun payung!aamiin!*
Tadaaaa, KHS semester satu pun terbuka!
IPkuuuu.......
aaaaaak......
nooooooooooo.......
oooooh......
noooooo..........
YaAllah........
Ternyata Siakad susah dibuka......
Emang bener susah dibuka...
Akhirnya keesokan harinya aku sama yang lain pergi ke bagian Adm.Jurusan buat liat KHS.....
Namanya juga semester pertama! Wajar dong ya keponya klimaks gitu:p

Yaaaap!
Alhamdulillah.... ada lah pokonya diatas 3,5 :"""""))
*aku gak mau nyebutin angka pastinya!*
Tapi..........
ngggggg..... Aku gatau ini kurang atau engga-__-
Sumpah.........
Soalnya yang pas aku curcol sama Ibu Dosen, Beliau bilang seenggaknya kalau mau jadi dosen indeks akademiknya minimal 3,8...
aaaa-_____-
*tapi aku tetap bersyukur,tak sia-sia perjuanganku atas segala usaha&do'a disemester satu ini:')*

Semester satu mulai berlalu, menyimpan kenangan tersendiri bagi aku sebagai seorang maba..
Memasuki babak baru, semester kedua!
Waktu terus berjalan...
Mungkin aku sudah bisa mengklaim diriku ini telah lupa dengan jurusan Teknik Teknik yang lainnya..

Aku merasa sumringah kali ini, aku menjadi lebih bersemangat disemester dua, sungguh berbeda dengan semester pertama.
Oiya, aku punya teman-teman yang ngeselin! berisik! dan bikin sayang! yaps,kami sekelas, biasa menyebut diri kami "Duaers" (karena kami kompak mengambil jadwal kuliah dikelas/sesi ke-2). Biasa juga disebut 'kelas piranha', soalnya kalau abis praktek masak itu selalu ludes karena masakannya udah dicomot sana-dicomot sini dan akhirnya tak bersisa...
Justru dengan kelakuan unik begini yang membuat aku semakin betah, bahkan aku mengklaim bahwa semester dua ini engga ada rasanya, terasa berlalu begitu saja...

Hmmmm... Disemester dua ini juga aku bertemu dengan seseorang #yaelah, tapi cuma numpang lewat doang sih(?)
Dia pernah bilang.... dan ini yang bikin gondok sampai sekarang.....
"anak IKK mah gampang dapet nilai A, IPnya gede gede..."

HELL-O!
HEEEEELLLLLOOOOOOO!!!!!!
HEEEEEEEEEEELLLLLLLLLLOOOOOOOOOOOOOOO!!!!
WHAAAAAAT?!!!!!
tanpa berkata, ku balas dengan senyuman sinis!
Akhirnya cuma bisa ngedumel sendiri "die gatau aje kita dimari sesek napas engap ama kuliah"

Gara-gara kejadian diatas, aku bertekad untuk tetap serius mengikuti perkuliahan.
Anyway..Soal IPku semester ini? hehehe... masih sama seperti disebelumnya..
waktu itu sempat ada yang namanya IP sementara karena nilai bermunculannya sedikit-sedikit ga sekaligus..
terakhir yang aku inget, aku nungguin nilai Agama keluar..
jujur aku exited banget waktu perkuliahan Agama ini...
terutama sih bisa ada ++nya kalo andaikan nilainya A :p
aku udah ngitung-ngitung, kalo misalnya Agama dapet A, IPku bisa tembus angka 3,91!!
tapi apa daya.....
nilai Agama ternyata B-_- *maafin muti yaAllah...*
tapi tetep!!!!! Alhamdulillah... ada peningkatan naik 0,1. jadi....susah loh itu naikin 0,1 doang... bener dah!:')
Jadi itu dusta,hoax,tipu-tipu kalo nilai A itu gampang didapetin!!!

Ooooooiii!! aku kebanyakan cerita yang ngalur-ngidur ya? hehehe!
Maaf ya keasikan cerita sih!

Kini aku sudah tak ragu ataupun malu-malu lagi untuk bilang kalo aku ini bagian dari 'Tata Boga'.
'prodi apa?' "Tata Bogaaa!!"

Kini aku sadar! Banyak orang-orang yang ingin merasakan berkuliah didunia Tata Boga... waw! bahkan ternyata ketika aku buka website SBMPTN untuk peminat Tata Boga tahun 2013,ada sekitar 800'an orang yang berminat dengan prodiku...
Hey,aku termasuk ke bagian 800 orang tersebut!!

Sekarang aku sedang memasuki tahun kedua dunia perkuliahan!
Ku harap, semangat-sumringahku seperti disemester kedua kemarin tak pernah padam ditahun kedua dan tahun-tahun berikutnya!! Caiyoooooo!!:3

..............

Diawal aku bercerita, aku bilang bahwa aku ini merasa 'asing', sampai merasa risau, gundah, gulana, galau dan apalah itu kawan-kawannya...
Tapi teringat kedua-orangtuaku, yang sudah menemaniku sampai kebangku kuliah...
Anak mana yang tega jika cuma bisa menganggap perkuliahan itu hanyalah sebuah permainan belaka?!
Biaya kuliah mahal Bung!
Kini,aku hanya sedang berusaha menjadi 'seorang anak' bagi kedua-orangtuaku..
Aku tak mau menyia-nyiakan usaha kerja keras Beliau yang membuat anaknya dapat mengenyam pendidikan hingga dibangku kuliah...

.............

Yang dibutuhkan hanyalah waktu dan keikhlasan hati, biarkan sang waktu menjawab seberapa lama kuatnya kamu untuk bersabar, rasa sabar yang dibarengi dengan rasa keikhlasan hati. Ketika ikhlasan hatimu telah terbuka pintunya, maka kau akan tahu seberapa indah waktu yang telah berputar...

............

Tak ada yang ku sesali..
Kini aku mulai melangkahkan kaki yang tegas namun santai, tak ada lagi keraguan dalam melangkah..
Tak lagi lari dari kenyataan, bukannya aku lelah berlari...
Namun belajar untuk menerima semuanya...
Dibalik ini semua aku bersyukur...
Aku bersyukur kepada Allah, yang memberikan aku jodoh yang layak,Tata Boga..
Aku bersyukur kepada Allah, yang memberikan aku kesempatan untuk bersabar, untuk dapat beradaptasi terhadap yang asing bagiku...

Kini aku percaya, "Allah memberikan apa yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan, karena apa yang kamu inginkan, belum tentu merupakan hal yang kamu butuhkan..."


17 komentar:

Unknown mengatakan...

Ka namaku devina,aku skrng kls 12 SMA dan bentar lg aku mau lulus,aku mau tanya gmana kaka ikut SBMPTN di UNJ,tadinya aku mau ikutan SNMPTN kan,cuma msh bingung mau masuk PTN yg ada jurusan tata boganya,dan hingga akhirnya aku ketemu blog kaka ini,boleh share ga ka Gmana cara masuknya dan semuanya deh hehehe :)

мυтι mengatakan...

Halo Devina! Boleeh, email saja ya ke mutiarakinantip@gmail.com

Unknown mengatakan...

Kak nama aku fitri, aku dari smk. Kalau ikut sbmptn, Skor minimal buat masuk jurusan tata boga berapa kak?

мυтι mengatakan...

Hai Fitri, mohon maaf ya aku gak tau perihal skor. Yang terpenting usaha yang maksimal ya supaya mendapatkanyang terbaik^^

Sepiring nasi mengatakan...

Assalamu'alaikum kak muti, saya curcol dikit yahh. Saya kan anak ipa, masih bingung milih jurusan apa? Nah karena saya tiba" pengen kuliah di jurusan tata boga karena suatu "hal" jadi saya insyaAllah mau masuk jurusan ini, tapi mau gimana lagi cuman boleh kuliah deket area semarang dan sekitarnya. Terus juga saya takut karena saya anak ipa belum punya dasar masak seperti smk atau yang lainya, ntar saya sendiri yang paling gabisa :(
Gimana kak? Saranya dong?

мυтι mengatakan...

Hai kamu yang lagi galau. Hehe Univ. Negeri Semarang ada tata boganya kah? Gak usah galauuu, aku juga dari sma ipa kok. Yang terpenting usaha dan mau terus belajar. InsyaAllah akan bisa kok:)

farah mengatakan...

hai kak mutia... boleh minta kontaknya gak? aku mau tanya2 seputar tataboga di unj :)

putri mengatakan...

Selamat menikmati kehidupan mahasiswa tata boga Unj ya.. Apa kabar gedung H.. Kangen masa kuliah disana, kangen praktek masak tapi ngak kangen materi kuliah pengetahuan usaha boga..

putri mengatakan...

Betul jgn galau, saya juga masuk boga sama riwayat nya dengan muti. By the way saya dari IPS

putri mengatakan...

Betul jgn galau, saya juga masuk boga sama riwayat nya dengan muti. By the way saya dari IPS

di mengatakan...

halo kak,mau nanya pas kakak dapet sbm di tata boga,di jurusan tata boganya sendiri ada tes gitu ga sih kak?jawab ya kak makasih sebelumnya :)

мυтι mengatakan...

Hallo, gak ada kok

мυтι mengatakan...

Hallo, bisa email ke mutiarakinantip@gmail.com yah

мυтι mengatakan...

Wah ada alumni komentar nih ehehehe doain ya kak sebentar lagi aku nyusul menjadi alumni juga

Anonim mengatakan...

halo ka, saya mau nanya nih.. saya udh diterima di fppsi unj, tp hati saya masih nyangkut di prodi pendidikan tata boga haha:D ada gk kemungkinan untuk bisa pindah prodi? kalau ada gimana ya ka? thanks sebelumnya:)

ardheakusuma.blogspot.com mengatakan...

halo kak.. nama aku dhea.. aku siswi SMA kls 12.. Jurusan aku ipa.. but aku mau masuk tataboga unj.. dan lagi aku mau nanya tataboga unj itu jurusan ips ya?? kalau gitu aku harus nyebrang donk..please give the answer..karena aku lgi bingung2nya nentuin jurusan.. aku harus gimna nih kak.. btw.. aku juga punya kemiripan gitu sma kakak.. aku juga minat di sipil tapi aku sadar kayanya otak aku blm sampe situ :'(

alpamart mengatakan...

nice sharing

sering dikepoin

tentang si punya blog

Mutiara Kinanti, seseorang yang menyukai kuliner dan kamu. IG @mutiarak dan e-mail mutiarakinantip@gmail.com yaaa~